KataNusa.com
Halo,

Pembaca

Download our available apps

Apple IoS KataNusa.com Android Apps KataNusa.com
Mengenal Kirli Saunders, Penulis Dongeng Anak Berkebangsaan Australia
Mengenal Kirli Saunders, Penulis Dongeng Anak Berkebangsaan Australia
Kirli Saunders Sang Penulis Dongeng Anak

Kirli saunders adalah seorang wanita Gunai yang memiliki hubungan kekeluargaan dengan orang-orang Yuin, Gundungurra, Gadigal dan Biripi. Kirli adalah seorang gadis muda penulis dongeng anak, penyair, dan penulis naskah berkebangsaan Australia. Sebagai seorang perempuan Gunai yang bangga akan latar belakangnya, Kirli Saunders adalah manajer dari pembelajaran puisi dan penghubung budaya Aborigin di Red Room Poetry.

Program ini mempromosikan puisi dalam bahasa Penduduk asli Australia dan telah memberikan lokakarya kepada ribuan siswa dan anggota masyarakat di seluruh Australia. Dia di anuagerahi penghargaan "Worker Of The Year 2017" di NAIDOC Award di Illawara/Shoalhaven region dan telah dinominasikan sebagai seorang NAIDOC nasional pada tahun 2018. Kirli Saunders adalah seorang kreator dan konsultan yang disiplin.

Kirli adalah wanita penerima gelar NSW aboriginal asli pada tahun 2020. Pembicara dan fasilitator yang berpengalaman memperjuangkan lingkungan, gender dan kesetaraan ras serta LGBTIQA. Buku gambar anak-anak pertama yang ia tulis adalah "The Incredible Freedom Machines" telah terpilih untuk diterbitkan dalam buku Bologna Fair 2018.

Kirli mulai menulis pada usia 19 tahun ketika ia mengambil program sarjana dan primer di Honour,Universitas Wollongong dan dia suka menulis. Dia membuat target setiap untuk menulis selama satu jam. "Ibu adalah alasan terbesarku untuk menjalankan proyek dalam puisi, buku bergambar dan seni" ucap Kirli Saunders pada Interview Youtube di Story Talk tahun 2019.

Kirli berlatih sebagai guru sejak dini dan bekerja di lingkungan anak-anak. Mereka belajar bahasa dan berfokus pada keterampilan secara phonemic. Jadi, anak-anak itu cenderung memahami suara dalam bahasa dan belajar memahami bagaimana bunyi bahasa itu dibentuk menjadi kata dan arti tertentu.

Semua perincian itu membuat anak-anak menyimak kisah-kisah dan pemahaman tentang literasi dan bahasa. Kirli juga sering mengunjungi wilayah wilayah tertentu untuk memberikan motivasi membaca pada anak-anak.

Pada saat berusia 22 tahun kirli didiagnosa mengalami anxiety and depresi, jadi dia mulai melakukan healing melalui tulisannya. Penyebab depresi yang dialami Kirli adalah ketika dia kehilangan kepercayaan dirinya dalam menulis karena isinya yang kacau dan tidak bermakna. Dia mulai mencari inspirasi dengan melihat lingkungan sekitarnya. Dia menggunakan sepeda motor untuk mengujungi beberapa kafe dan tempat tempat yang bisa dia jadikan inspirasi menulis.

Awalnya ia terinspirasi dari sebuah mesin yang terletak disebuah kafe yang indah. Kirli mulai menulis puisi terima kasih untuk sebuah mesin,lalu berpikir bahwa puisi itu bisa menjadi sebuah buku gambar yang akan diminati anak-anak.

Menurut kirli, menulis adalah salah satu cara untuk menunjukkan kekebasan berpikir dan berimajinasi yang bisa mempengaruhi anak-anak secara tidak langsung. " saya pikir keyakinan spiritual dan impian saya sangat selaras dengan menjadi penulis, pendongeng dan menjadi guru. Menulis menjadi penyembuh dan alat komunikasi antara manusia dengan alam" ucap Kirli Saunders pada Interview Youtube di Story Talk tahun 2019.

Dalam setiap buku yang ditulis oleh kirli, dia selalu menambahkan visualisasi agar lebih mudah dipahami oleh anak-anak dan bisa menjadi media komunikasi antar penulis dan pembaca. Bantuan visual dalam buku juga bisa diakses oleh segala usia.

Pada dasarnya kirli dikelilingi oleh orang- orang yang kreatif. "Ibu sering membawaku ke toko buku dan ayah sering menceritakan tentang cerita-cerita menakjubkan" kata Kirli Saunders pada Interview Youtube di Story Talk tahun 2019. Kakeknya adalah seorang seniman lanskip, bibinya adalah seorang penyair, seluruh pamannya adalah musisi dan pemahat patung.

Kirli sendiri merasakan kebahagian yang sangat besar saat dia menulis, dia bisa menuangkan segala kekhawatiran dan kebahagiannya didalam tulisan. Itulah mengapa kirli memilih pengalaman hidup sebagai tema dalam karya tulisnya.

Salah satu karya tulisnya yang terkenal yaitu "The Freedom Machines" dalam buku ini kirli menulis tentang seorang gadis kecil tanpa nama yang memiliki kulit kecoklatan. "Gadis kecil ini hidup dalam kemiskinan dan usaha yang dilakukan untuk keluar dari kemiskinannya dengan membaca buku" yang dikutip dari media Carlyle, R..

Anak-anak dapat mengembangkan dirinya melalui buku dan menemukan hal baru untuk dipelajari. Buku ini ditulis agar bisa membawa pesan perubahan kepada anak-anak yang mengalami kesulitan, bahwa membaca bisa menjadi jembatan untuk memperbaiki hidup. (***)

*Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris Unand

Komentar Opini